Share This Post :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Ingin mencoba bisnis pada tahun 2023 ini? Mari simak sepuluh rekomendasi bisnis yang menjanjikan dari Finfloo.com berikut!

Daftar Isi

Photo by Paula Vermeulen on Unsplash

Memasuki tahun baru 2023, ada banyak peluang bisnis yang menjanjikan dan bisa Anda coba. Apa pun jenis usaha yang Anda pilih, lakukan beberapa persiapan terlebih dahulu, seperti membuat brand identity, menentukan target market, menganalisis kompetitor, hingga merancang strategi bisnis.

Setelah melakukan semuanya, barulah Anda bisa memulai bisnis yang bisa dibilang menjanjikan. Memangnya, apa saja ide usaha yang bisa Anda coba pada 2023 ini? Yuk, simak sepuluh rekomendasinya dari Finfloo berikut ini!

1. Usaha franchise

Salah satu jenis bisnis yang menjanjikan untuk Anda coba pada 2023 ini adalah usaha franchise. Jika belum tahu seperti apa yang disebut sebagai usaha franchise, Anda hanya perlu mempersiapkan uang modal untuk membuka cabang baru atas nama usaha yang sudah terkenal sebelumnya.

Belakangan ini, usaha franchise yang banyak diminati adalah Mixue. Bahkan, Mixue sampai mendapat julukan “pengisi ruko kosong”. Fenomena ini tentunya turut dilatarbelakangi oleh besarnya permintaan pasar terhadap Mixue sebagai penjual es krim, teh, hingga minuman boba. Anda pun bisa mencoba membuka usaha franchise Mixue pada 2023 ini.

2. Dropship

Berikutnya, Anda bisa coba untuk menjadi dropshipper. Dropshipper berbeda dari produsen karena dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu membeli barang terlebih dahulu dan memasoknya di lokasi Anda. Namun, Anda bisa menyediakan beragam pilihan produk kepada konsumen dan nantinya saat konsumen membeli, pengiriman produk akan dilakukan oleh pihak ketiga.

Baca Juga: 5 Tips Tax Planning PPh Badan Agar Hemat

3. Makeup artist

Jika ide bisnis yang menguntungkan sebelumnya berfokus pada penjualan barang, rekomendasi satu ini memungkinkan Anda menjual jasa dengan cara menjadi seorang makeup artist. Kemampuan merias wajah memang tidak dimiliki oleh setiap orang, bahkan ada beberapa yang tidak mempunyai produk makeup secara lengkap. Berangkat dari latar belakang tersebut, Anda bisa menawarkan jasa makeup artist untuk berbagai acara, seperti wisuda, lamaran, pernikahan, gala premier, dan lain sebagainya.

4. Digital marketing

Sudah pernah mendengar bisnis jasa digital marketing? Ide bisnis yang menguntungkan satu ini bakal menawarkan jasa pemasaran secara online pada target market Anda. Bisnis ini punya peluang cukup besar karena dunia kini sudah sangat digital, terutama sejak adanya pandemi Covid-19. Meski begitu, belum semua pelaku usaha memiliki kemampuan untuk melakukan strategi marketing secara digital. Jadi, sangat mungkin bila digital marketing akan menjadi salah satu ide bisnis yang menguntungkan pada tahun ini.

5. Content creator

Jika Anda merasa mempunyai potensi kreativitas tanpa batas, content creator mungkin bisa jadi profesi sekaligus ladang bisnis yang menjanjikan. Saat kemampuan Anda membuat video dikombinasikan dengan ide-ide kreatif, tidak menutup kemungkinan Anda akan menjadi seorang content creator yang dikenal banyak orang. Ketika jumlah penggemar atau pengikut Anda makin naik, keuntungan pun makin berpihak pada Anda.

6. Kursus online

Rekomendasi bisnis yang menguntungkan lainnya di bidang jasa adalah membuka kursus online. Selain bisa membagikan ilmu ke orang lain, membuka bimbingan online juga akan mendatangkan cuan bagi Anda. Pasalnya, kini tidak sedikit yang memilih untuk mendaftar kursus online lantaran keterbatasan waktu, akses, dan lain sebagainya. Sehingga, kursus online ini dinilai lebih efisien dari berbagai aspek.

7. Agen frozen food

Saat kemajuan zaman menuntut orang untuk bekerja cepat, hal ini juga membuat orang tidak ingin repot dalam memasak makanan. Maka dari itu, banyak yang memilih untuk membeli makanan beku atau frozen food sehingga bisa langsung dihangatkan sebelum disantap. Melihat demand pasar akan kebutuhan satu ini, Anda bisa menjadi agen frozen food untuk memperoleh keuntungan bisnis yang menjanjikan.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

8. Reseller

Berbeda dari dropshipper yang tidak memasok atau membeli barang sebelum dijual ke pasaran, reseller menuntut Anda untuk memasok dan membeli produk terlebih dahulu. Karena harus membeli dari supplier, Anda harus tahu betul apa saja barang-barang yang bisa cepat habis saat dijual demi meminimalisir kerugian. Selain itu, sediakan pula tempat khusus untuk menyimpan barang-barang tersebut.

9. Bisnis thrifting

Siapa yang senang membeli barang bekas layak pakai? Jika orang di sekitar Anda sudah mulai sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan, Anda punya peluang emas untuk membuka bisnis thrifting yang laris. Untuk menambah nilai jual, Anda juga bisa memodifikasi ulang barang-barang bekas tersebut, misalnya dengan menambahkan motif pada pakaian dan tas yang Anda jual kembali.

10. Bisnis food truck

Jika bisnis franchise dirasa terlalu mahal dan Anda juga tak punya modal cukup untuk menyewa tempat, bisnis food truck bisa jadi solusinya. Anda cukup menyiapkan kendaraan (truck) yang digunakan untuk berjualan makanan maupun minuman dan mulailah berjalan di tepi-tepi jalan yang diizinkan sebagai tempat berjualan.

Membuka bisnis yang menjanjikan memang bisa Anda lakukan berdasarkan sepuluh rekomendasi di atas. Namun, agar bisnis makin cuan, Anda juga harus memastikan bahwa keuangan sudah dikelola dengan baik. Untuk mempermudah keuangan bisnis Anda, gunakan layanan Finance yang ditawarkan Finfloo

Mulai dari budgeting, payroll, pembayaran tagihan, hingga reimbursement, semua bisa dilakukan dengan efektif dan efisien bersama Finfloo. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi website Finfloo! Anda juga bisa langsung klik di sini untuk berkonsultasi dengan tim dari Finfloo.

Kelola Laporan Keuangan & Perpajakan Mudah

Konsultasi Gratis, Sekarang!

FinFloo menyediakan layanan perpajakan yang akan membantu Anda dalam proses pelaporan pajak, sehingga Anda dapat fokus pada mengembangkan bisnis Anda.