Mari Mengenal Apa Itu Jasa Akuntan Beserta Jenis – Jenisnya

Mari Mengenal Apa Itu Jasa Akuntan Beserta Jenis - Jenisnya
Share This Post :
Facebook
Twitter
WhatsApp

Daftar Isi

Di dalam pencatatan suatu analisis keuangan bisnis, segala jenis akuntan biasanya akan terlibat aktif. Akan tetapi, sebagian orang terkadang merasa kenyataan ternyata berbeda dengan teori-teori yang ada. Hal tersebut tentu juga tergantung pada tiap lingkungan bisnisnya, serta status manajemen dan perbedaan experience.

Sehingga dibutuhkan jasa akuntan untuk bisa mengelola finansial perusahaan atau keuangan bisnis tersebut dengan tepat. Ngomong-ngomong, tahukah anda apa yang dimaksud dengan jasa accounting ini? Mari simak pembahasan berikut.

Pengertian Jasa Accounting

Apa itu jasa akuntan? Ini adalah jasa yang mengatur, melakukan pengukuran, memproses, dan juga mengkomunikasikan segala informasi keuangan ataupun non keuangan yang terkait dengan entitas ekonomi pada suatu perusahaan atau organisasi. Intinya, peran seorang akuntan di jasa tersebut adalah mempertanggungjawabkan semua kegiatan yang berbasis analisis serta persiapan terhadap catatan keuangan perusahaan.

Secara lebih luasnya, tugas akuntan tak hanya terkait penyiapan serta analisis data keuangan saja, tetapi juga berbagai hal seperti data manajemen, konsultasi dan analisis, pembuatan pernyataan keuangan, hingga memastikan regulasi finansial berjalan baik.

Jenis-Jenis Jasa Accounting

1. Akuntan Publik

Akuntan publik juga bisa disebut jasa asuransi ataupun jaminan. Tugas maupun fungsi utamanya adalah melakukan pencatatan pembukuan, analisa keuangan, dan juga melayani manajemen akun. Anda cocok menggunakan jasa akuntan jenis ini jika memang benar-benar memerlukan pelayanan-pelayanan seperti persiapan serta tax advice, konsul di bidang kompensasi karyawan, dan juga menginginkan suatu desain sistem akuntansi pada suatu perusahaan.

Baca Juga : Hal Penting Saat Memilih Jasa Akuntan Publik

2. Akuntan Manajemen

Jenis jasa akuntan yang selanjutnya adalah akuntan manajemen atau management accounting. Jenis ini biasanya fokus pada catatan dan analisis data keuangan milik perusahaan untuk dipakai sebagai dasar membuat suatu desain manajemen aset, penganggaran dana, performance evaluation, dan juga manajemen pengeluaran (manajemen biaya).

3. Governmental Accounting

Governmental accounting lebih melibatkan peranan atau tugas akuntan publik di dalam suatu instansi pemerintahan. Dimana tugas akuntan yang utama yaitu memastikan pendapatan serta pengeluaran sudah sesuai hukum yang berlaku. Selain itu mereka juga terlibat di dalam penganggaran dan manajemen aset-aset pemerintahan.

4. Auditing Internal

Seorang akuntan dalam jenis audit internal ini bekerja dengan memberi penilaian terkait kegiatan manajemen keuangan suatu perusahaan atau organisasi. Kemudian mereka juga memiliki tanggung jawab untuk dapat melacak kesalahan manajemen, penipuan, dan juga waste dari perusahaan tersebut.

Perbedaan Layanan Akuntan yang Beragam

Terdapat berbagai layanan yang ditawarkan oleh berbagai jenis akuntansi yang telah disebutkan dalam ulasan sebelumnya. Beberapa jenis layanan yang sering ditemui meliputi:

Pembukuan

Pembukuan yang dilakukan oleh seorang akuntan mencakup kegiatan-kegiatan dasar. Layanan ini diperlukan oleh para pebisnis kecil hingga menengah guna memastikan keakuratan akuntansi. Pembukuan melibatkan pembaruan sistem keuangan menggunakan perangkat lunak atau menciptakan salinan fisik dari informasi keuangan. Kegiatan dasar lain yang penting dalam proses pembukuan mencakup pencatatan hutang dan piutang yang dipantau sebagai bagian dari pembukuan.

Akuntan ‘Sewaan’

Akuntan yang ‘disewa’ biasanya sangat ahli dalam bidangnya. Beberapa mungkin merupakan anggota dari badan akuntansi profesional yang bekerja secara ‘sewa’. Akuntan yang disewa seringkali memiliki keterampilan dan pengalaman profesional terkait manajemen hingga audit. Mereka juga biasanya memiliki spesialisasi dalam bidang akuntansi tertentu. Bijaksanalah dalam memilih agar biaya sewa akuntan yang Anda keluarkan benar-benar efisien.

Akuntan Pajak

Sesuai namanya, akuntan pajak memiliki spesialisasi dalam bidang pajak, baik pajak pendapatan individu maupun berbagai jenis pajak yang diperlukan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Akuntan pajak yang profesional biasanya dapat menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik, seperti mengajukan klaim atau menghindari pembayaran pajak yang tidak perlu. Jika Anda atau perusahaan menghadapi masalah pembayaran pajak atau mengajukan pengembalian dana, akuntan pajak ini mungkin cocok untuk kebutuhan Anda.

Jasa Akuntan

Pengendali Keuangan Akuntan yang menyediakan layanan pengendali keuangan mengelola berbagai fungsi bisnis seperti membuat tugas-tugas untuk karyawan, mengurus klien baru, atau mengawasi perkembangan staf. Dalam hal ini, akuntan pengendali keuangan dapat menjalankan berbagai tugas audit eksternal maupun internal untuk memastikan kualitas dan efisiensi pekerjaan mencapai tingkat maksimal.

Akuntansi Forensik

Akuntan forensik terlibat dalam melacak dana yang hilang atau berbagai ‘ketidakjujuran’ yang mungkin timbul dalam proses akuntansi atau melalui laporan keuangan. Layanan ini dapat membantu Anda atau perusahaan mengungkap kebenaran mengenai tuduhan penipuan dan penggelapan. Mirip dengan pengacara, akuntan forensik biasanya memiliki latar belakang hukum dan sering diminta untuk bekerja sama dengan kepolisian.

Audit Akuntansi

Akuntan yang berada dalam tim auditor bertanggung jawab atas pemeriksaan laporan keuangan untuk memastikan keakuratan dan validitas laporan tersebut. Audit akuntansi memerlukan catatan

Konsultasi Bisnis dan Keuangan

Akuntan juga dapat menawarkan layanan konsultasi bisnis dan keuangan, memberikan nasihat tentang pengelolaan keuangan, perencanaan anggaran, dan strategi pertumbuhan. Akuntan yang memiliki keahlian dalam bidang ini dapat membantu perusahaan mengoptimalkan laba, mengurangi biaya, dan menghadapi tantangan bisnis dengan lebih efektif.

    Akuntansi Manajemen

    Akuntan manajemen berfokus pada analisis dan pelaporan informasi keuangan yang digunakan oleh manajemen perusahaan untuk mengambil keputusan strategis dan operasional. Layanan ini meliputi penganggaran, perencanaan keuangan, analisis biaya, dan pengendalian internal.

    Penyusunan Laporan Keuangan

    Akuntan juga bertanggung jawab untuk menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang akurat dan lengkap, sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Laporan keuangan ini mencakup neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan catatan penjelas.

    Konsultasi Merger dan Akuisisi

    Akuntan yang ahli dalam merger dan akuisisi dapat membantu perusahaan dalam proses penggabungan atau pembelian bisnis lain. Layanan ini mencakup analisis nilai perusahaan, penilaian aset, negosiasi, dan integrasi bisnis.

    Kesimpulan

    Itu dia jenis-jenis jasa accounting, sebaiknya pertimbangkan dahulu mana jenis yang anda butuhkan untuk keuangan bisnis anda. Temukanlah jasa accounting profesional dan sesuai perencanaan finansial bisnis anda. Butuh rekomendasi jasa accounting yang bagus? Klik disini, ya.Penting sekali untuk menemukan jasa accounting dengan layanan perpajakan dan jasa keuangan profesional. Demikianlah seputar pengertian dari jasa accounting, beserta ragam jenis jasa accounting, semoga membantu!

    Kelola Laporan Keuangan & Perpajakan Mudah

    Konsultasi Gratis, Sekarang!

    FinFloo menyediakan layanan perpajakan yang akan membantu Anda dalam proses pelaporan pajak, sehingga Anda dapat fokus pada mengembangkan bisnis Anda.