Simak Poin Penting Ini Dahulu Sebelum Anda Menyewa Jasa Akuntan!

Simak Poin Penting Ini Dahulu Sebelum Anda Menyewa Jasa Akuntan!
Share This Post :
Facebook
Twitter
WhatsApp

Daftar Isi

Perusahaan anda tak punya internal departemen akuntansi? Atau anda juga tak memiliki banyak waktu untuk dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan efektif? Gunakanlah jasa akuntan. 

Kehadiran jasa tersebut dapat memudahkan anda mengelola keuangan atau finansial perusahaan dengan baik dan tentunya sesuai tujuan keuangan yang diinginkan. Namun, memilih jasa accounting tak bisa sembarangan, ini poin penting yang wajib diperhatikan terlebih dahulu.

Peran Seorang Akuntan

Menyusun Anggaran Perusahaan

Akuntan memegang peran penting dalam menetapkan target penjualan, keuntungan, serta merencanakan secara detail dan hati-hati agar perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam proses penyusunan anggaran, akuntan memerlukan data masa lalu yang telah tercatat dalam laporan keuangan.

Baca Juga : Ruang Lingkup Jasa Akuntan dan Pentingnya Menggunakan jasa Tersebut

Anggaran yang dibuat akan diaplikasikan untuk mengontrol berbagai aktivitas operasional perusahaan melalui perbandingan antara data aktual dan anggaran. Penyusunan laporan ini akan disampaikan secara berkala, baik bulanan maupun tahunan.

Merancang Sistem Informasi

Tugas berikutnya yang harus diemban oleh akuntan adalah merancang sistem informasi. Mereka harus mengidentifikasi kebutuhan informasi untuk kepentingan internal maupun eksternal perusahaan. Setelah itu, mereka akan merancang dan mengembangkan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Melaksanakan Pemeriksaan Intern

Akuntan juga bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan intern pada perusahaan-perusahaan besar. Tugas utama mereka adalah mengevaluasi sistem akuntansi dan manajemen yang diterapkan di perusahaan tersebut. Selain itu, mereka juga akan membantu manajemen dalam meningkatkan efisiensi operasional serta memastikan karyawan di perusahaan telah menjalankan prosedur dan rencana yang telah ditetapkan oleh manajemen.

Tips Sebelum Menyewa Jasa Akuntan

Pelayanan yang Diberikan

Semakin lengkap pelayanan yang diberikan oleh jasa accounting tersebut, maka semakin baik pula hal itu untuk perusahaan. Sebaiknya tanyakan dahulu pada akuntan di jasa tersebut terkait pelayanan apa yang akan didapat apabila perusahaan anda memakai jasanya. Pastikan juga apakah tersedia layanan perpajakan dan jasa keuangan tersebut siap membantu perusahaan sepanjang tahun, apakah tersedia dukungan audit, dan lain-lain.

Pengalaman Akuntan

Ketahui terlebih dahulu pengalaman tentang akunting yang mereka punyai sebelum anda memutuskan sewa jasa accounting. Caranya yaitu dengan membuat pertanyaan-pertanyaan terkait situasi keuangan yang sifatnya kompleks. Anda dapat menguji pengalamannya tentang dunia keuangan secara lebih luas lagi.

Biaya Penggunaan Jasa 

Biaya jasa akuntan adalah salah satu hal yang harus anda ketahui secara detail sebelum sewa jasa accounting. Pastikan terlebih dahulu apa mereka menetapkan harga tagihan per jamnya atau berupa biaya tetap. 

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Modal dan Keuntungan untuk Bisnis

Apabila berupa biaya tetap, anda harus tahu seberapa lama waktu yang disediakan untuk tiap konsultasi. Pastikan juga mengenai siklus faktur (invoice) serta tanggal pembayarannya, ini agar perusahaan dapat mengatur anggaran dengan tepat dan sesuai.

Sertifikasi Profesi Akuntan

Seorang akuntan tersebut tentunya harus memiliki sertifikat atau credential kredibel yang mendukungnya. Apabila anda menanyakan apakah mereka memiliki sertifikat kredibel, akuntan yang berkualitas dengan senang hati akan membagikan info ini kepada anda secara detail. Anda juga bisa tanyakan tentang bagaimana cara akuntan tersebut mengikuti UU dan tren pajak yang terbaru.

Penggunaan Teknologi

Sebaiknya anda pastikan dulu bahwa jasa accounting ataupun jasa akuntan pajak tersebut sudah memahami terkait teknologi akuntansi yang dipakai perusahaan. Dengan mereka memahami teknologi atau sistem perusahaan, maka akan lebih memudahkan pekerjaan seorang akuntan tersebut.

Ini dapat memberi keringanan untuk perusahaan yakni dalam hal biaya dan waktu, tanpa butuh penjelasan banyak hal mengenai sistem keuangannya yang dapat berimbas kepada biaya konsul yang tinggi.

Sebagai pengusaha, sekarang sudah saatnya anda fokus mengembangkan bisnis atau perusahaan anda untuk meraih kesuksesan yang gemilang. Temukan layanan akuntansi dan keuangan yang terbaik, yang memiliki tim profesional, layanan lengkap, hingga konsultasi. Ingin tahu mana jasa accounting yang berkualitas? Yuk, klik disini!

Demikianlah poin-poin penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa jasa akuntan. Terima kasih telah menyimaknya hingga selesai, dan semoga beranfaat!

Kelola Laporan Keuangan & Perpajakan Mudah

Konsultasi Gratis, Sekarang!

FinFloo menyediakan layanan perpajakan yang akan membantu Anda dalam proses pelaporan pajak, sehingga Anda dapat fokus pada mengembangkan bisnis Anda.